Selasa, 28 Mei 2013

RPP




   RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP 1)


Nama Sekolah             : SMP Negeri 3 Cianjur
Mata Pelajaran          : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester         : IX/1
Standar Kompetensi   : 1.  Memahami dialog interaktif pada tayangan televise /
                                           siaran radio
Kompetensi Dasar      :      1.1.Menyimpulkan isi dialog interaktif beberapa   
                                                  narasumber pada tayangan  televis / siaran radio.
Alokasi waktu             : 2 x 40 menit

Indikator                       : 1. Menentukan tema dialog interaktif
                                      2. Menyimpulkan isi dialog interaktif dengan alasan yang logis


1.   Tujuan Pembelajaran
       1. Siswa dapat menentukan tema dialog interaktif
      2. Siswa dapat membuat kesimpulan isi dialog interaktif beberapa narasumber

*      Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
 Rasa hormat dan perhatian ( respect )
 Tekun ( diligence )
2.   Materi Pembelajaran
      1. Tema dialog Interaktif
      2 . Menyimpulkan isi dialog interaktif dengan alasan yang logis
            Penyimpulan dialog interaktif.
     Kesimpulan dialog disusun berdasarkan catatan singkatan yang dibuat.       
           Kesimpulan berisi judul atau topik, narasumber, keseluruhan pendapat
           masing-masing narasumber, dan kesimpulan dari moderator ( jika ada )
      A. Pengertian dan ciri-ciri dialog  interaktif    
            B. Personal dalam dialog interaktif
            C. Menyimpulkan (membuat kesimpulan)
             Langkah- langkah membuat kesimpulan isi dialog interaktif 
               a. Memahami tujuan utama pembicaraan dalam dialog itu;
               b. Menemukan pokok-pokok pembicaraan;
               c. Membuat kesimpulan
       Untuk membuat laporan kesimpulan diolog interaktif dapat dimuat hal-hal sebagai berikut :

Judul atau Topik : .....................................................................................
Narasumber : .....................................................................................
Moderator / Pembawa acara : .....................................................................................
Sumber dialog ( nama : ......................................................................................
stasiun radio/ televisi ) .....................................................................................
Hari dan Tanggal : ....................................................................................
Waktu : ......................................................................................
Tema : ......................................................................................


Kesimpulan dialog
Dengan alasan yang logis : ......................................................................................
.....................................................................................
......................................................................................
.......................................................................................

     
3.   Metode Pembelajaran
      a. Tanya jawab
      b. Diskusi
       c. inquiri
4.   Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
      a. Kegiatan Awal
Apersepsi :
    1. Peserta didik mencermati tampilan gambar yang sudah disediakan guru
          2. Peserta didik dan guru bertanya jawab tentang gambar yang ditampilkan
        Memotivasi : Menyimpulkan isi gambar

b. Kegiatan Inti.  
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
*      mampu bercerita dengan urutan yang baik,suara,lafal, intonasi, gesture dan mimik yang tepat
*      memfasilitasi Peserta didik untuk dapat membuat kesimpulan isi dialog interaktif beberapa narasumber.
*      melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
*      menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
*      memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
*      melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
*      memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
*      memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
*      memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
*      memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
*      memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
*      memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
*      memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
*      memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
*      memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
*      memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
ü  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
ü  membantu menyelesaikan masalah;
ü  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
ü  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
ü  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
*      Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
*      Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

c. Kegiatan Akhir
      Dalam kegiatan penutup, guru:
*      bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
*      melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
*      memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
*      merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.
*      Peserta didik dan guru menyimpulkan cara memberikan komentar yang baik

5.   Alat/ Media/Sumber Belajar
      a. Tape recorder  / Laptop
       b. Gambar, rekaman dialog interaktif;
       c.  - Buku Pelajaran Bahasa Indonesia kelas IX. Karangan Tri Retno Murniasih, S. Pd.
              Dan Drs. Sunardi, M. Pd. Pusat perbukuan. Departemen Pendidikan Nasional   
              2008. , 
           - Buku Bahasa Indonesia untuk SMP/Mts kelas IX. Karangan E. Kosasih, M. Pd.
             Dan Restuti Murwa Ningrum, S. Pd. Penerbit PT Erlangga 2008.,
           - KBBI

6.   Penilaian
·       Penilaian proses dilaksanakan selama pembelajaran berlangsung
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
Instrumen
·    Menentukan tema dialog interaktif
·    Menyimpulkan isi dialog interaktif dengan alasan yang logis

Tes tulis
Uraian
§ Tulislah tema dialog interaktif yang  diperdengarkan ini!
§ Simpulkan isi dialog yang kamu dengar!

      Pedoman Penilaian
1.      Tuliskan hal-hal penting yang ada dalam dialog interaktif tersebut !
Kegiatan
Skor
Peserta didik menulis hal-hal penting dengan lengkap
2
Peserta didik menulis sebagian saja bagian penting dalam dialog
1
Peserta didik tidak dapat menuliskan sama sekali


2.      Tuliskan informasi yang terdapat dalam dialog interaktif !
Deskriptor
1
2
3
4
Penyusunan struktur kalimat




Ketepatan penggunaan bahasa





3.      Tuliskan kesimpulan setelahh mendengrkan dialog interaktif tersebut !
Deskriptor
1
2
3
4
Ketepatan merumuskan kesimpulan




Kelogisan penulisan kesimpulan




Ketepatan penggunaan bahasa





4.      Tuliskan komentarmu terhadap pendapat para narasumber dalam dialog!
Deskriptor
1
2
3
4
Ketepatan merumuskan komentar




Kelogisan penulisan komentar




Ketepatan penggunaan bahasa




      Skor maksimal       :
      No. 1         : 2
      No. 2         : 8
      No. 3         : 12
      No. 4         : 12
                          34

      Perhitungan nilai akhir
Nilai akhir :     Skor yang diperoleh      
                          X   100  
                                    Skor maksimak
                      

Mengetahui,
Kepala SMP Negeri 3 Cianjur,



H. Cecep Wahyu Wibisana, S. Pd., M. Pd.
NIP: 196011291984031005

Cianjur, 26 Juli 2012
Guru Mapel Bhs Indonesia.



 Intarti, S.Pd., M. Pd.
NIP 19680902200701 2 009

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP 2)


Sekolah                       : SMP Negeri 3 Cianjur
Mata Pelajaran          : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester         : IX/1
Standar Kompetensi    : 1.  Memahami dialog interaktif pada tayangan televisi/
                                               siaran radio.
Kompetensi Dasar      : 1.2 Mengomentari pendapat narasumber dalam dialog     
                                                interaktif pada tayangan televisi/ siaran radio.
Alokasi waktu             : 4 x  40 menit ( 2x pertemuan )

Indikator                       : 1. Mendata pendapat tiap-tiap narasumber
                                       2. Mengomentari pendapat narasumber dengan alasan yang
                                           menyakinkan


1.   Tujuan Pembelajaran
    
       1. Siswa mampu mendata pendapat tiap-tiap narasumber
      2. Siswa dapat mengomentari pendapat narasumber dalam dialog interaktif     
           pada tayangan televisi/siaran radio.

            Karakter siswa yang diharapkan :          Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )


2.   Materi Pembelajaran

Komentar atau tanggapan dapat berupa pernyataan setuju atau tidak setuju dengan pendapat narasumber dan dapat pula dengan memberi penilaian terhadap pendapat yang dikemukakan.

Misalnya “ Saya setuju dengan pendapat ( nama narasumber ) sebab fakta
yang dikemukakan sesuai kenyataan dan pendapatnya lebih
masuk akal.”


“ Saya kurang setuju dengan pendapat ( nama narasumber ) sebab
fakta yang dikemukakan tidak sepenuhnya benar dan logika
berfikirnya sukar dipahami.”

Untuk mengomentari pendapat dalam dialog interaktif diperlukan catatan-catatan singkat dengan cara mendata tiap-tiap pendapat dari narasumber.
Cara mengomentari pendapat narasumber dalam dialog dan implementasi- nya
Langkah-langkahnya:
a. menyimak dialog dengan baik;
b. mencatat pokok-pokok dialog terutama yang berupa pendapat narasumber.
c. memberikan komentar secara jelas derngan memperhatikan kesesuaianya dengan
    pendapat narasumber.
      Langkah-langkah Menyimak dialog Interaktif
      1. memperhatikan gerak-gerik orang yang berdialog dan isi dialognya;
      2. mencatat pokok-pokok dialog;
      3. merumuskan kesimpulan;
      4. menyampaikan komentar dengan memperhatikan kesesuaian, kejelasan dan
          kesantunan.

3.   Metode Pembelajaran

      a.  Ceramah
       b. Tanya jawab
       c.  Inkuiri   
      d. Diskusi


4.   Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
      Pertemuan pertama dan kedua :

a. Kegiatan Awal
Apersepsi :
       Bertanya jawab mengenai pendapat para narasumber
      Memotivasi :
            Peserta didik Mendata pendapat tiap-tiap narasumber


      b. Kegiatan Inti

§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
*      mampu bercerita dengan urutan yang baik,suara,lafal, intonasi, gesture dan mimik yang tepat
*      memfasilitasi Peserta didik dapat Mendengarkan rekaman atau tayangan/siaran dialog interaktif
*      memfasilitasi Peserta didik dapat Mendata pendapat tiap-tiap narasumber.
*      melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
*      menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
*      memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
*      melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
*      memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
*      Mengomentari pendapat tiap-tiap narasumber dengan alasan yang meyakinkan
*      memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
*      memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
*      memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
*      memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
*      memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
*      memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
*      memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
*      memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
*      memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
ü  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
ü  membantu menyelesaikan masalah;
ü  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
ü  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
ü  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
*      Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
*      Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

c. Kegiatan Akhir

      Dalam kegiatan penutup, guru:
*      bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
*      melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
*      memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
*      merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.

5.   Alat / Media / Sumber Belajar

      a.  Tip rekorder / laptop. (media elektronik)
       b. Gambar , rekaman dialog interaktif;
       c. - Buku Pelajaran Bahasa Indonesia kelas IX. Karangan Tri Retno Murniasih, S. Pd.
             dan Drs. Sunardi, M. Pd. Pusat perbukuan. Departemen Pendidikan Nasional
             2008.  
           - Buku Bahasa Indonesia untuk SMP/Mts kelas IX. Karangan E. Kosasih, M. Pd.
             Dan Restuti Murwa Ningrum, S. Pd. Penerbit PT Erlangga 2008.,
           - KBBI

      
6.   Penilaian
·       Penilaian proses dilaksanakan selama pembelajaran berlangsung

Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Instrumen
·  Mendata pendapat tiap-tiap narasumber
·   Mengomentari pendapat narasumber dengan alasan yang menyakinkan

Tes tulis
Uraian
§ Tuliskan kembali pokok-pokok pemikiran narasumber!
§ Berilah komentar terhadap pendapat narasumber!




 Mengetahui,
Kepala SMP Negeri 3 Cianjur,



H. Cecep Wahyu Wibisana, S. Pd., M. Pd.
NIP  : 19601129198403 1 005

Cianjur, 26 Juli 2012
Guru Mapel Bhs Indonesia.



 Intarti, S.Pd., M. Pd.
NIP 19680902200701 2 009

Tidak ada komentar:

Posting Komentar