RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
|
( RPP 1)
Nama
Sekolah : SMP Negeri 3 Cianjur
Mata
Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas /
Semester : IX/1
Standar Kompetensi : 1. Memahami dialog interaktif pada tayangan
televise /
siaran
radio
Kompetensi Dasar : 1.1.Menyimpulkan isi dialog interaktif
beberapa
narasumber pada tayangan televis
/ siaran radio.
Alokasi
waktu : 2 x 40 menit
Indikator : 1. Menentukan tema
dialog interaktif
2. Menyimpulkan
isi dialog interaktif
dengan
alasan yang logis
1. Tujuan
Pembelajaran
1. Siswa dapat menentukan
tema dialog interaktif
2.
Siswa dapat membuat kesimpulan isi dialog interaktif beberapa narasumber
Karakter siswa yang
diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
2. Materi
Pembelajaran
1. Tema dialog Interaktif
2 . Menyimpulkan isi
dialog interaktif dengan alasan yang logis
Penyimpulan dialog
interaktif.
Kesimpulan dialog disusun berdasarkan catatan singkatan yang dibuat.
Kesimpulan dialog disusun berdasarkan catatan singkatan yang dibuat.
Kesimpulan berisi judul atau topik, narasumber,
keseluruhan pendapat
masing-masing narasumber, dan kesimpulan dari
moderator ( jika ada )
A. Pengertian dan ciri-ciri dialog interaktif
A. Pengertian dan ciri-ciri dialog interaktif
B. Personal dalam dialog interaktif
C. Menyimpulkan (membuat
kesimpulan)
Langkah- langkah membuat kesimpulan isi dialog interaktif
a.
Memahami tujuan utama pembicaraan dalam dialog itu;
b.
Menemukan pokok-pokok pembicaraan;
c. Membuat kesimpulan
Untuk membuat laporan kesimpulan diolog interaktif dapat dimuat hal-hal
sebagai berikut :
Judul atau Topik : .....................................................................................
Narasumber : .....................................................................................
Moderator / Pembawa acara : .....................................................................................
Sumber dialog ( nama : ......................................................................................
stasiun radio/ televisi ) .....................................................................................
Hari dan Tanggal : ....................................................................................
Waktu : ......................................................................................
Tema : ......................................................................................
Kesimpulan dialog
Dengan alasan yang logis : ......................................................................................
.....................................................................................
......................................................................................
.......................................................................................
Judul atau Topik : .....................................................................................
Narasumber : .....................................................................................
Moderator / Pembawa acara : .....................................................................................
Sumber dialog ( nama : ......................................................................................
stasiun radio/ televisi ) .....................................................................................
Hari dan Tanggal : ....................................................................................
Waktu : ......................................................................................
Tema : ......................................................................................
Kesimpulan dialog
Dengan alasan yang logis : ......................................................................................
.....................................................................................
......................................................................................
.......................................................................................
3. Metode
Pembelajaran
a.
Tanya jawab
b.
Diskusi
c. inquiri
4. Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
a.
Kegiatan Awal
Apersepsi
:
1. Peserta didik mencermati tampilan gambar
yang sudah disediakan guru
2. Peserta didik dan guru bertanya jawab tentang gambar yang ditampilkan
Memotivasi : Menyimpulkan
isi gambar
b. Kegiatan Inti.
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
mampu bercerita dengan urutan yang baik,suara,lafal,
intonasi, gesture dan mimik yang tepat
memfasilitasi Peserta didik untuk dapat membuat
kesimpulan isi dialog interaktif beberapa narasumber.
melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan
dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan
belajar dari aneka sumber;
menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media
pembelajaran, dan sumber belajar lain;
memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta
antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan
pembelajaran.
§
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
guru:
memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi,
dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk
meningkatkan prestasi belajar;
memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang
dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja
individual maupun kelompok;
memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen,
festival, serta produk yang dihasilkan;
memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri
peserta didik.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk
lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi
peserta didik melalui berbagai sumber,
memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk
memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang
bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
ü
berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab
pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa
yang baku dan benar;
ü
membantu menyelesaikan masalah;
ü
memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan
hasil eksplorasi;
ü
memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
ü
memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau
belum berpartisipasi aktif.
Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diktahui siswa
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan
pemahaman, memberikan penguatan dan
penyimpulan
c. Kegiatan Akhir
Dalam kegiatan
penutup, guru:
bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat
rangkuman/simpulan pelajaran;
melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang
sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil
pembelajaran;
merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran
remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik
tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.
Peserta didik dan guru menyimpulkan cara
memberikan komentar yang baik
5. Alat/
Media/Sumber Belajar
a. Tape recorder / Laptop
b. Gambar, rekaman
dialog interaktif;
c. - Buku Pelajaran Bahasa Indonesia kelas IX.
Karangan Tri Retno Murniasih, S. Pd.
Dan Drs. Sunardi, M. Pd. Pusat perbukuan.
Departemen Pendidikan Nasional
2008. ,
- Buku Bahasa Indonesia untuk
SMP/Mts kelas IX. Karangan E. Kosasih, M. Pd.
Dan Restuti Murwa Ningrum, S. Pd.
Penerbit PT Erlangga 2008.,
- KBBI
6. Penilaian
· Penilaian proses dilaksanakan selama
pembelajaran berlangsung
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
|
Instrumen
|
|
· Menentukan tema dialog interaktif
· Menyimpulkan
isi dialog interaktif dengan alasan yang logis
|
Tes tulis
|
Uraian
|
§ Tulislah tema dialog interaktif yang diperdengarkan ini!
§ Simpulkan
isi dialog yang kamu dengar!
|
Pedoman Penilaian
1.
Tuliskan hal-hal penting yang ada dalam dialog interaktif
tersebut !
Kegiatan
|
Skor
|
Peserta didik menulis hal-hal
penting dengan lengkap
|
2
|
Peserta didik
menulis sebagian saja bagian penting dalam dialog
|
1
|
Peserta didik
tidak dapat menuliskan sama sekali
|
|
2.
Tuliskan informasi yang terdapat dalam
dialog interaktif !
Deskriptor
|
1
|
2
|
3
|
4
|
Penyusunan struktur kalimat
|
|
|
|
|
Ketepatan penggunaan bahasa
|
|
|
|
|
3.
Tuliskan kesimpulan setelahh mendengrkan dialog interaktif
tersebut !
Deskriptor
|
1
|
2
|
3
|
4
|
Ketepatan merumuskan kesimpulan
|
|
|
|
|
Kelogisan penulisan kesimpulan
|
|
|
|
|
Ketepatan penggunaan bahasa
|
|
|
|
|
4.
Tuliskan komentarmu terhadap pendapat
para narasumber dalam dialog!
Deskriptor
|
1
|
2
|
3
|
4
|
Ketepatan merumuskan komentar
|
|
|
|
|
Kelogisan penulisan komentar
|
|
|
|
|
Ketepatan penggunaan bahasa
|
|
|
|
|
Skor maksimal :
No. 1 : 2
No. 2 : 8
No. 3 : 12
No. 4 : 12
34
Perhitungan nilai akhir
Nilai akhir : Skor yang diperoleh
X 100
Skor
maksimak
Mengetahui,
Kepala SMP Negeri 3 Cianjur,
H.
Cecep Wahyu Wibisana, S. Pd., M. Pd.
NIP: 196011291984031005
|
|
Cianjur, 26 Juli
2012
Guru Mapel Bhs
Indonesia.
Intarti, S.Pd., M. Pd.
NIP 19680902200701 2 009
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP 2)
Sekolah : SMP Negeri 3 Cianjur
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : IX/1
Standar
Kompetensi : 1. Memahami
dialog interaktif pada tayangan televisi/
siaran
radio.
Kompetensi
Dasar : 1.2 Mengomentari pendapat
narasumber dalam dialog
interaktif pada tayangan televisi/ siaran radio.
Alokasi
waktu : 4 x 40 menit ( 2x pertemuan )
Indikator : 1. Mendata pendapat
tiap-tiap narasumber
2. Mengomentari pendapat narasumber dengan
alasan yang
menyakinkan
1. Tujuan
Pembelajaran
1. Siswa mampu mendata pendapat tiap-tiap narasumber
2.
Siswa dapat mengomentari pendapat narasumber dalam dialog interaktif
pada tayangan televisi/siaran radio.
Karakter siswa yang
diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian
( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
2. Materi
Pembelajaran
Komentar
atau tanggapan dapat berupa pernyataan setuju atau tidak setuju dengan pendapat
narasumber dan dapat pula dengan memberi penilaian terhadap pendapat yang
dikemukakan.
Misalnya “ Saya setuju dengan pendapat ( nama narasumber ) sebab fakta
yang dikemukakan sesuai kenyataan dan pendapatnya lebih
masuk akal.”
“ Saya kurang setuju dengan pendapat ( nama narasumber ) sebab
fakta yang dikemukakan tidak sepenuhnya benar dan logika
berfikirnya sukar dipahami.”
Untuk mengomentari pendapat dalam dialog interaktif diperlukan catatan-catatan singkat dengan cara mendata tiap-tiap pendapat dari narasumber.
Misalnya “ Saya setuju dengan pendapat ( nama narasumber ) sebab fakta
yang dikemukakan sesuai kenyataan dan pendapatnya lebih
masuk akal.”
“ Saya kurang setuju dengan pendapat ( nama narasumber ) sebab
fakta yang dikemukakan tidak sepenuhnya benar dan logika
berfikirnya sukar dipahami.”
Untuk mengomentari pendapat dalam dialog interaktif diperlukan catatan-catatan singkat dengan cara mendata tiap-tiap pendapat dari narasumber.
Cara
mengomentari pendapat narasumber dalam dialog dan implementasi- nya
Langkah-langkahnya:
a. menyimak
dialog dengan baik;
b. mencatat
pokok-pokok dialog terutama yang berupa pendapat narasumber.
c. memberikan
komentar secara jelas derngan memperhatikan kesesuaianya dengan
pendapat narasumber.
Langkah-langkah Menyimak dialog
Interaktif
1. memperhatikan gerak-gerik orang yang
berdialog dan isi dialognya;
2. mencatat pokok-pokok dialog;
3. merumuskan kesimpulan;
4. menyampaikan komentar dengan memperhatikan
kesesuaian, kejelasan dan
kesantunan.
3. Metode
Pembelajaran
a.
Ceramah
b. Tanya jawab
c.
Inkuiri
d.
Diskusi
4. Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan
pertama dan kedua :
a. Kegiatan Awal
Apersepsi
:
Bertanya
jawab mengenai pendapat para narasumber
Memotivasi :
Peserta didik Mendata
pendapat tiap-tiap narasumber
b. Kegiatan Inti
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi,
guru:
mampu bercerita dengan urutan yang baik,suara,lafal,
intonasi, gesture dan mimik yang tepat
memfasilitasi Peserta didik dapat Mendengarkan rekaman atau
tayangan/siaran dialog interaktif
memfasilitasi Peserta didik dapat Mendata
pendapat tiap-tiap narasumber.
melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan
dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam
takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media
pembelajaran, dan sumber belajar lain;
memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta
antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan
pembelajaran.
§
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
guru:
memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi,
dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
Mengomentari pendapat tiap-tiap
narasumber dengan alasan yang meyakinkan
memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk
meningkatkan prestasi belajar;
memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang
dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja
individual maupun kelompok;
memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen,
festival, serta produk yang dihasilkan;
memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri
peserta didik.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk
lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi
peserta didik melalui berbagai sumber,
memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk
memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna
dalam mencapai kompetensi dasar:
ü
berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab
pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa
yang baku dan benar;
ü
membantu menyelesaikan masalah;
ü
memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan
hasil eksplorasi;
ü
memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
ü
memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau
belum berpartisipasi aktif.
Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diktahui siswa
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan
pemahaman, memberikan penguatan dan
penyimpulan
c. Kegiatan Akhir
Dalam kegiatan
penutup, guru:
bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat
rangkuman/simpulan pelajaran;
melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang
sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil
pembelajaran;
merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran
remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik
tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.
5. Alat / Media / Sumber
Belajar
a. Tip rekorder / laptop. (media elektronik)
b. Gambar , rekaman dialog interaktif;
c. - Buku Pelajaran Bahasa Indonesia
kelas IX. Karangan Tri Retno Murniasih, S. Pd.
dan Drs. Sunardi, M. Pd. Pusat perbukuan.
Departemen Pendidikan Nasional
2008.
- Buku Bahasa Indonesia untuk
SMP/Mts kelas IX. Karangan E. Kosasih, M. Pd.
Dan Restuti Murwa Ningrum, S. Pd.
Penerbit PT Erlangga 2008.,
- KBBI
6. Penilaian
·
Penilaian proses dilaksanakan selama pembelajaran
berlangsung
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Penilaian
|
Instrumen
|
|
· Mendata pendapat tiap-tiap narasumber
·
Mengomentari
pendapat narasumber dengan alasan yang menyakinkan
|
Tes tulis
|
Uraian
|
§ Tuliskan kembali
pokok-pokok pemikiran narasumber!
§ Berilah komentar
terhadap pendapat narasumber!
|
Mengetahui,
Kepala
SMP Negeri 3 Cianjur,
H. Cecep Wahyu
Wibisana, S. Pd., M. Pd.
NIP : 19601129198403
1 005
|
|
Cianjur, 26 Juli 2012
Guru Mapel Bhs Indonesia.
Intarti, S.Pd., M. Pd.
NIP 19680902200701
2 009
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar