MEDIA
PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA
Oleh
: Intarti
MEDIA /
ALAT PEMBELAJARAN
BERCERITA
DENGAN ALAT PERAGA
SEKOLAH : SMP NEGERI 3 CIANJUR
MATA PELAJARAN : BAHASA INDONESIA
Kelas / Semester : VII / GANJIL
Standar Kompetensi : 6.
Mengekspresikan pikiran dan perasaan
melalui
kegiatan bercerita
Kompetensi Dasar : 6.1. Bercerita
dengan urutan yang baik, suara, lafal, intonasi, gesture, dan
mimik
yang tepat
Indikator: 1. Mampu menentukan pokok-pokok
cerita
2. Mampu merangkai pokok-pokok
cerita menjadi urutan yang baik dan menarik
3. Mampu bercerita dengan
urutan yang baik, suara, lafal, intonasi, gesture, dan
mimik yang tepat
Tujuan: 1. Melalui kegiatan membaca,
siswa mampu menentukan pokok-pokok cerita
2. Melalui kegiatan berdiskusi,
siswa mampu merangkai pokok-pokok cerita menjadi
urutan cerita yang baik dan
menarik
3. Melalui kegiatan presentasi,
siswa mampu bercerita dengan urutan yang baik, Suara,
lafal,
intonasi, festur, dan mimic yang tepat
Prosedur Pembuatan: 1. Media cetak (
Koran, majalah)
2. Kertas
Manila
3. Lem dan isolasi
4. Buku Teks
5.
Gambar-gambar atau artikel
Prosedur Pembuatan: 1. Siapkan
kertas manila
2. Siapkan
gambar-gambar peristiwa atau kartun lucu dari Koran/Majalah
3. Potong
gambar-gambar tersebut dan tempelkan pada kertas manila
warna;
atau
4. Potong
gambar-gambar tersebut secara terpisah-pisah sehingga
membentuk
kartu dan tempelkan pada kertas warna, bagikan
potongan-potongan
gambar tersebut pd siswa untuk ditanggapi.
Prosedur Penerapan:
· Guru menyiapkan potongan-potongan
gambar peristiwa atau kartun lucu dari Koran atau
majalah yang sudah ditempel di kertas
warna (sebagai Media)
· Guru mengatur siswa dalam kelompok
yang beranggotakan 4 atau 5 siswa dengan kemampuan
dan jenis kelamin yang berbeda.
· Guru memberi kesempatan pada siswa
untuk memilih gambar yang paling disukai
· Guru membagi kerta warna sebagai
lembar kerja
· Siswa mencermati gambar yang
dibagikan guru
· Siswa berdiskusi untuk menentukan
pokok-pokok cerita
· Siswa berdiskusi untuk erangkai
pokok-pokok cerita menjadi urutan cerita yang baik
Dan menarik
·
Siswa bercerita dengan urutan yang
baik, suara, lafal, intonasi, gesture, dan mimic yang tepat
dengan
menggunakan alat peraga.
·
Siswa menanggapi cerita temannya
secara logis
·
Guru memberi penguatan dan membuat
kesimpulan
MEDIA /
ALAT PEMBELAJARAN
MENULIS
IKLAN BARIS
SEKOLAH : SMP NEGERI 3 CIANJUR
MATA PELAJARAN : BAHASA INDONESIA
Kelas / Semester : IX / GANJIL
Standar Kompetensi : Mengungkapkan
informasi dalam bentuk iklan baris, resensi, dan
karangan
Kompetensi Dasar : Menulis iklan
baris dengan bahasa yang singkat, padat, dan jelas
Indikator : 1. Mampu menentukan
objek yang akan diiklankan
2. Mampu menyingkat kata-kata sesuai
dengan kebiasaan
iklan baris
3. Mampu mendaftar butir-butir yang
akan dituliskan dalam iklan
baris di surat kabar
4. Mampu menulis iklan baris dengan
bahasa yang singkat, padat
dan jelas
5. Mampu menyunting iklan baris
Tujuan : 1. Melalui kegiatan
mencermati berbagai contoh iklan baris,
Siswa dapat menentukan objek yang
diiklankan
2. Melalui kegiatan diskusi, siswa
dapat menyingkat kata-kata
sesuai dengan kebiasaan iklan baris
3. Melalui kegiatan diskusi, siswa
dapat mendaftar butir-butir
yang akan ditulis dalam iklan baris
di surat kabar
4. Melalui kegatan diskusi, siswa
dapat menulis iklan baris deng-
an dengan bahasa yang singkat,
padat, dan jelas
5. Melalui kegiatan diskusi, siswa
dapat menyunting iklan baris
yang telah ditulis
Alat dan Bahan : 1. Media cetak
(koran, majalah)
2. Kertas manila
3. Ballpoint dan spidol warna
4. Lem dan isolasi
Prosedur Pembuatan : 1. Siapkan
kertas manila
2. Gunting kertas manila dengan
ukuran 5 cm x 10 cm
sebanyak 18 lembar (menyerupai
kartu)
3. Gunting iklan baris dari media
cetak
4. Tempelkan contoh iklan baris pada
kertas manila sesuai
dengan objek dan jenisnya, sebanyak
9 kartu
5. Tulislah sebuah ilustrasi cerita
tentang suatu objek, pada
9 kartu yang tersisa
6. Warnai dengan spidol agar tampak
lebih menarik.
7. Bagikan pada tiap kelompok, untuk
dicermati, dipahami,
Dan dianalisis butir-butirnya dan
kerjakan tugasnya
( menulis iklan baris )
Prosedur Penerapan : 1. Guru
mengatur siswa dalam bentuk kelompok yang beranggo-
takan 4 atau 5 Siswa dengan
kemampuan dan jenis kelamin
yang berbeda
2. Siswa membaca dan mencermati
iklan baris yang dibagi guru
3. Siswa diminta mendiskusikan
tugasnya dalam kelompok
masing-masing
4. Siswa mendiskusikan butir-butir
iklan baris yang telah
ditemukan
5. setelah diskusi selesai, guru
guru menunjuk wakil kelompok
untuk mempresentasikan hasil
diskusinya
6. Kelompok lain memberi tanggapan
7. Guru membagi kertas berwarna yang
berisi ilustrasi cerita
8. Siswa membaca dan mengerjakan
tugasnya sesuai dengan
perintah yang tertera pada kertas
kerjanya
9. Guru dan siswa membahas jawaban
kuis, sambil mengoreksi
Jawaban kuis temannya.
MEDIA / ALAT PEMBELAJARAN
MENULIS RESENSI BUKU FIKSI / PENGETAHUAN
SEKOLAH : SMP NEGERI 3 CIANJUR
MATA PELAJARAN : BAHASA INDONESIA
Kelas / Semester : IX / GANJIL
Standar Kompetensi : Mengungkapkan
informasi dalam bentuk iklan baris,
resensi, dan karangan
Kompetensi
Dasar : Meresensi buku fiksi / pengetahuan
Indikator : 1. Mampu mendata
identitas buku
2. Mampu menunjukkan kelebihan,
kekurangan dan
kualitas buku
3. Mampu membuat ikhtisar buku
dengan bahasa yang efektif
Tujuan : 1.
Melalui kegiatan membaca buku fiksi / pengetahuan,
siswa dapat mendata identitas buku
2. Melalui kegiatan membaca buku fiksi / pengetahuan,
siswa dapat menunjukkan kelebihan,
kekurangan dan
kualitas buku
3. Melalui kegiatan membaca buku fiksi / pengetahuan,
siswa dapat membuat ikhtisar buku
dengan bahasa
yang efektif
4. Melalui kegiatan diskusi, siswa
dapat menyunting
resensi yang telah ditulis
Alat dan Bahan : 1. Buku fiksi /
pengetahuan
2. Kertas HVS / folio bergaris
Prosedur Penulisan : 1. Pilihlah
salah satu buku fiksi / pengetahuan yang
telah tersedia di perpustakaan
2. Bacalah dengan cermat dan
intensif
3. Temukan hal-hal yang diinginkan
dalam meresensi
sebuah buku
4. Datalah identitas buku fiksi /
pengetahuan tersebut
5. Tulislah kelebihan, kekurangan,
dan kualitas buku
6. Tulislah ikhtisar buku dengan
bahasa yang efektif
7. Suntinglah hasil resensimu dalam
kegiatan diskusi
8. Setelah naskah resensi sudah
disunting, ketik di kertas HVS
ukuran folio / kwarto, yang disertai
scanner sampul buku
MEDIA / ALAT PEMBELAJARAN
MERANGKUM BUKU PENGETAHUAN POPULER
SEKOLAH : SMP NEGERI 3 CIANJUR
MATA PELAJARAN : BAHASA INDONESIA
Kelas / Semester : VIII / GENAP
Standar Kompetensi : Mengungkapkan
informasi dalam bentuk-bentuk rangkuman,
Teks berita,
slogan / poster
Kompetensi
Dasar : Menulis rangkuman isi buku ilmu pengetahuan populer
Indikator : 1. Mampu mendata
identitas buku
2. Mampu menulis pokok-pokok isi buku
3. Mampu merangkai pokok-pokok isi buku menjadi rangkuman
Tujuan : 1.
Melalui kegiatan membaca buku pengetahuan populer,
siswa dapat mendata identitas buku
2. Melalui kegiatan membaca buku pengetahuan populer,
siswa dapat menulis pokok-pokok isi buku
3. Melalui kegiatan membaca buku pengetahuan populer,
siswa dapat merangkai pokok-pokok isi buku menjadi
rangkuman dengan bahasa yang efektif
4. Melalui kegiatan diskusi, siswa dapat menyunting
rangkuman yang telah ditulis
Alat dan Bahan
: 1. Buku ilmu pengetahuan populer
2. Kertas HVS / folio bergaris
Prosedur
Penulisan : 1. Pilihlah salah satu buku pengetahuan populer yang
telah tersedia di perpustakaan
2. Bacalah dengan cermat dan
intensif
3. Temukan hal-hal yang diinginkan
dalam merangkum
sebuah buku pengetahuan populer
4. Datalah identitas buku pengetahuan tersebut
5. Tulislah pokok-pokok isi buku
6. Rangkailah pokok-pokok isi buku menjadi rangkuman dengan
Dengan bahasa yang efektif
7. Suntinglah hasil rangkumanmu dalam
kegiatan diskusi
8. Setelah naskah rangkuman sudah
disunting, ketik di kertas
HVS ukuran folio / kwarto, yang
disertai scanner sampul buku
MEDIA / ALAT PEMBELAJARAN
MEMBACA CERPEN DALAM BUKU KUMPULAN CERPEN
SEKOLAH : SMP NEGERI 3 Cianjur
MATA PELAJARAN : BAHASA INDONESIA
Kelas / Semester : IX / GENAP
Standar Kompetensi : Membaca dan
memahami berbagai teks bacaan sastra melalui
kegiatan membaca dan membandingkan
cerpen-cerpen dalam
satu buku kumpulan cerpen
Kompetensi Dasar : Membaca dan
membandingkan cerita pendek dalam satu buku
kumpulan cerpen
Indikator : 1. Mampu membandingkan
tema, latar, penokohan, dan nilai
kehidupan dalam cerita pendek yang
dibaca.
2. Menentukan cerita pendek yang
paling disukai dengan alasan
yang logis.
Tujuan : 1. Melalui kegiatan membaca
cerpen, siswa mampu menentukan
Tema, latar, penokokhan, dan nilai
kehidupan dalam tiap-tiap
cerpen.
2. Melalui kegiatan diskusi, siswa
mampu membandingkan tema
, latar, penokohan, dan nilai
kehidupan dalam cerpen-cerpen
dalam satu kumpulan cerpen, baik
nilai yang positif maupun
negatif dengan bukti yang factual
dan meyakinkan.
3. Dengan memahami isi cerpen, siswa
mampu menentukan
cerita pendek yang paling disukai
dalam satu buku kumpulan
cerpen dengan alas an yang logis.
Persiapan : - Kertas manila, pensil
dan spidol , penggaris, isolasi, gunting,
Contoh cerpen, dan buku kumpulan
cerpen
Pembuatan : 1. Siapkan kertas manila
dengan 5 warna yang berbeda, masing
-masing 8 lembar
2. Siapkan 5 cerpen yang berbeda
dari satu buku kumpulan cerpen.
Kemudian diperbanyak sampai 8
kelompok, jadi ada 40 cerpen.
3. Tempelkan setiap cerpen pada
kertas manila. Cerpen dengan judul
sama ditempelkan pada kertas manila
yang berwarna sama. Jadi ada
40 cerpen dengan 5 macam warna yang
berbeda.
4. Warnailah dengan spidol agar
lebih menarik.
5. Bagikan 5 cerpen yang berbeda
dengan 5 warna yang berbeda tersebut
pada setiap kelompok untuk dibaca,
dipahami dan dianalisis.
Prosedur Penerapan :
· Guru membentuk 8 kelompok yang
masing-masing terdiri atas 5 anggota yang
karakteristiknya heterogen (disebut
kelompok ASAL)
· Setiap kelompok Asal mendapat 5
cerpen yang berbeda yang sudah ditempel pada
kertas manila dengan 5 warna yang
berbeda. Cerpen diambil dari buku kumpulan
cerpen yang berjudul “Penjara” karya
Sori Siregar.
· Setiap anggota kelompok Asal
mendapat tugas membaca dan memahami satu cer- pen sesuai dengan kesepakatan
kelompoknya.
· Setiap anggota kelompok Asal yang
mendapat cerpem yang sama berkumpul dan
membentuk kelompok baru (disebut
kelompok AHLI), yang terdiri atas 5 kelompok
dengan masing-masing 8 anggota,
untuk membahas satu cerpen yang telah mereka
Terima.
· Kelompok Ahli berdiskusi untuk
menentukan tema, latar, penokohan dan nilai kehi-
dupan dalam salah satu cerpen yang
telah diterima (sesuai ketentuan).
· Selesai berdiskusi, setiap anggota
kelompok Ahli kembali ke kelompok Asal dan memberikan informasi yang telah
diperoleh dalam kelompok Ahli.
· Kelompok Asal kembali berdiskusi
untuk membandingkan tema, latar, penokohan
dan nilai kehidupan dalam kelima
cerpen untuk menyamakan persepsi.
· Kelompok Asal juga berdiskusi untuk
menentukan cerpen yang paling menarik atau
disukai di antara kelima cerpen
dengan disertai alasan yang logis.
· Guru melakukan pengundian salah satu
kelompok Asal untuk mempresentasikan
hasil diskusi kelompok.
· Kelompok lain memberikan tanggapan.
· Guru memberikan penghargaan pada
kelompok berdasarkan perolehan nilai pening-
katan hasil belajar individual dari
skor dasar ke skor berikutnya.
MEDIA / ALAT PEMBELAJARAN
MEMBACA INTENSIF TABEL/BAGAN/GRAFIK
SEKOLAH : SMP NEGERI 3 CIANJUR
MATA PELAJARAN : BAHASA INDONESIA
Kelas / Semester : IX / GENAP
Standar Kompetensi : Membaca dan
memahami beragam teks non sastra deng-
an berbagai cara membaca: membaca
intensif dan
ekstensif, membaca cepat, memindai,
membaca grafik,
bagan, tabel, dan membaca sekilas.
Kompetensi Dasar : Mengubah sajian
Grafik, Tabel, dan Bagan menjadi urai-
an melalui kegiatan membaca
intensif.
Indikator : 1. Mampu mengidentifikasi isi grafik,
tabel, atau bagan.
2. Mampu menguraikan isi grafik,
tabel, atau bagan ke
dalam beberapa kalimat.
3. Mampu mengubah sajian tabel,
grafik, atau bagan
menjadi uraian/narasi.
Tujuan : 1. Melalui kegiatan membaca intensif grafik, tabel,
dan bagan, siswa mampu
mengidentifikasi isi
grafik, tabel, dan bagan.
2. Melalui kegiatan diskusi, siswa
mampu
menguraikan isi grafik, tabel, atau
bagan
ke dalam beberapa kalimat.
3. Dengan memahami isi tabel, grafik
atau
bagan, siswa mampu mengubah sajian
tabel/grafik/ bagan menjadi
uraian/narasi.
Alat dan Bahan : 1. Media cetak
(Koran/majalah], internet
2. Kertas manila
3. Ballpoin dan spido warna
4. Lem dan isolasi
5. Buku teks
Prosedur Pembuatan :
1. Siapkan kertas manila
2. Ambil contoh tabel/grafik/bagan
dari berbagai media, baik media
cetak maupun media elektronik
(internet)
3. Tempelkan contoh
tabel/bagan/grafik pada kertas manila ukuran besar
4. Tempelkan tabel/bagan/grafik pada
kertas manila secara terpisah / per kartu
5. Warnai dengan spidol agar tampak
lebih menarik
6. Pajang atau tempelkan di papan
tulis
Prosedur Penerapan :
· Guru mengatur siswa dalam kelompok
yang beranggotakan 4 atau 5 siswa
dengan kemampuan dan jenis kelamin
yang berbeda.
· Siswa mencermati tabel/bagan/grafik
yang dipajang di papan tulis
· Siswa berdiskusi untuk menentukan
isi tabel/bagan/frafik, selanjutnya
menguraikannya dalam beberapa
kalimat
· Guru menunjuk wakil kelompok untuk
mempresentasikan hasil diskusinya
dan kelompok lain member tanggapan
· Guru dan siswa membahas jawaban kuis
sambil mengoreksi jawaban kuis temannya.
MEDIA / ALAT PEMBELAJARAN
MENULIS BUKU HARIAN
SEKOLAH : SMP NEGERI 3 CIANJUR
MATA PELAJARAN : BAHASA INDONESIA
KELAS / SEMESTER : VII / GENAP
Standar Kompetensi : Mengungkapkan
pikiran dan pengalaman
dalam buku harian dan surat pribadi.
Kompetensi Dasar : Menulis buku
harian atau pengalaman pribadi
dengan memperhatikan cara
pengungkapan dan
bahasa yang ekspresif
Indikator : 1. Mampu menuliskan
pokok-pokok pengalaman
pribadi yangterjadi dalam suatu hari.
2. Mampu secara rutin menulis buku harian
dengan bahasa yang ekspresif.
Tujuan : 1. Melalui kegiatan
mencermati contoh buku harian, siswa mampu
menuliskan pokok-pokok pengalaman
priobadi yang terjadi da-
lam suatu hari.
2. Melalui kegiatan berdiskusi, siswa secara rutin menulis dalam
buku harian dengan bahasa yang
ekspresif.
Alatdan Bahan : 1. CD Blank
2. Buku Teks
3. Materi dari Media Education
4. Kertas putih atau berwarna
5. Ballpoint dan spidol warna
Prosedur Pembuatan :
1. Siapkan CD Blank
2. Browsing internet dengan membuka
website : www.e-dukasi.net
3. Pilih materi yang dibutuhkan (
Menulis Buku Harian)
4. Setelah menemukan materi yang
sesuai, pindahkan materi ke
dalam CD Blank
· CD telah terisi materi dan siap
digunakan
Prosedur Penerapan :
· Guru menyiapkan CD yang berisi
materi “Menulis Buku Harian”
· Guru menampilkan Materi ke dalam
proyektor LCD
· Siswa mencermati materi yang
ditampilkan pada layar / slide
· Guru membagi kertas putih / berwarna
kepada siswa sebagai LKS
· Siswa menulis buku harian dengan
bahasa yang ekspresif
· Siswa membacakan / mempresentasikan
hasil tulisan, siswa lain
menanggapi.
· Siswa menyunting hasil tulisan siswa
sesuai dengan kaidah bahasa
Indonesia.
MEDIA / ALAT PEMBELAJARAN
MENULIS SURAT DINAS
SEKOLAH : SMP NEGERI 5 SURABAYA
MATA PELAJARAN : BAHASA INDONESIA
KELAS / SEMESTER : VIII / GANJIL
Standar Kompetensi : Mengungkapkan
informasi dalam bentuk
laporan, surat dinas, dan petunjuk.
Kompetensi Dasar : Menulis surat
dinas berkenaan dengan kegiatan
Sekolah dengan sistematika yang
tepat dan
bahasa baku.
Indikator : 1. Mampu menentukan
sistematika surat dinas
2. Mampu menulis surat dinas dengan
bahasa
baku.
3. Mampu menyunting surat dinas.
Tujuan : 1. Melalui kegiatan
mencermati contoh surat dinas, siswa mampu
menentukan sistematika surat dinas.
2. Melalui kegiatan berdiskusi,
siswa mampu menulis surat dinas
dengan bahasa baku.
3. Melalui kegiatan tanya jawab,
siswa mampu menyunting surat
dinas.
Alatdan Bahan : 1. CD Blank
2. Buku Teks
3. Materi dari Media Education
4. Kertas putih atau berwarna
5. Ballpoint dan spidol warna
Prosedur Pembuatan :
1. Siapkan CD Blank
2. Browsing internet dengan membuka
website : www.e-dukasi.net
3. Pilih materi yang dibutuhkan (
Menulis Surat Dinas)
4. Setelah menemukan materi yang
sesuai, pindahkan materi ke
dalam CD Blank.
5. CD telah terisi materi dan siap
digunakan
Prosedur Penerapan :
· Guru menyiapkan CD yang berisi
materi “Menulis Surat Dinas”
· Guru menampilkan Materi ke dalam
proyektor LCD
· Siswa mencermati materi yang
ditampilkan pada layar / slide
· Guru membagi kertas putih / berwarna
kepada siswa sebagai LKS
· Siswa berdiskusi dalam menulis surat
dinas dengan bahasa baku.
· Siswa membacakan / mempresentasikan
hasil tulisan, siswa lain
menanggapi.
· Siswa menyunting hasil tulisan siswa
sesuai dengan kaidah bahasa
Indonesia.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar